Mekanisme Penyambungan Pipa HDPE

Mekanisme Penyambungan Pipa HDPE Sebelum anda mempergunakan pipa HDPE, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana mekanisme atau cara menyambung HDPE yang baik dan sesuai prosedur pemasangan. Cara penyambungan HDPE ini dapat dilakukan dengan cara Welded Joint dan juga Mechanical Joint. Berikut adalah tutorial singkat yang bisa anda pelajari sebelum anda menyambung pipa jenis HDPE.


pipa HDPE

Keistimewaan dari pipa dengan material HDPE adalah cara penyambungan pipa HDPE yang bervariasi dan harga pipa HDPE pun juga beragam. Caranya bisa dilakukan dengan atau tidak menggunakan mesin yang biasa untuk menyambung pipa, hal tersebut tergantung pada jenis produk pipa apa yang digunakan.

Misalnya untuk pipa berbentuk roll, metode penyambungan yang biasanya digunakan adalah dengan mekanisme Mechanical Joint. Cara ini tergolong lebih efektif dan efisien untuk produk dengan jenjang minimal 50 meter atau berdiameter sama dengan atau kurang dari 3 inch. Metode ini dilakukan tanpa menggunakan mesin pemanas HDPE atau bahan perekat lainnya. Tetapi hanya menggunakan aksesoris khusus yang biasanya dikenal dengan nama compression joint pipa HDPE yang sekarang sudah tersedia dalam beragam bentuk dan juga diameter.

Aksesoris pipa jenis ini memiliki beberapa bagian khusus, seperti compression collat, union, dan ring penjepit. Fungsi ketiga aksesoris ini mampu mengikat satu bagian pipa dengan pipa lain yang akan disambung. Dengan fungsi agar bisa menjaga debit cairan yang disalurkan sehingga tidak keluar dari pipa, atau kemasukan material lain yang berasal dari luar pipa (termasuk udara). Cara ini tentu sangat mudah dilakukan, dan bahkan anda dapat mempelajarinya dari tutorial pemasangan pipa yang akan kita bahas.

Cara penyambungan pipa HDPE yang selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik welded joint. Seperti namanya, cara ini dilakukan dengan pelelehan (welded) dan ternyata bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu teknik butt fusion dan juga electro fusion.

Butt fusion pipa HDPE yang dilakukan dengan teknik pelehan pada ujung pipa dengan pipa atau aksesoris yang hendak disatukan. Cara yang satu ini dilakukan dengan cara melelehkan kedua ujung yang hendak disatukan secara bersama-sama. Untuk itu dibutuhkan alat atau media khusus yang biasa dikenal dengan Welding Machine. Alat ini memiliki beberapa bagian, diantaranya adalah penyerut, ragum pengikat dan juga teflon pemanas. Penyambungan pipa metode ini memungkinkan proses penyambungan lurus dapat dilakukan tanpa aksesoris, karena cukup antara pipa dengan pipa saja.

Mekanisme penyambungan pipa HDPE yang terakhir adalah dengan metode Electro Fusion. Cara ini dilakukan dengan menggunakan aksesoris khusus yaitu electro fitting dan juga mesin penyambung electro fusion. Metode ini dilakukan dengan tujuan untuk melelehkan bagian luar dinding pipa dan bagian dalam aksesoris pipa. Berikut penjelasannya :

Proses penyambungan dengan cara mechanical joint

  • Buka compression collar lalu lepaskan union dan ring penjepitnya,
  • Pasang union dan ring penjepit pada ujung pipa,
  • Pasang kembali compression collar
  • Kemudian kencangkan dengan tangan atau alat,
  • Lakukan hal yang sama pada pipa lain yang akan disambung.

Proses penyambungan dengan cara butt fusion

  • Pasang ujung-ujung pipa yang akan disambung pada alat butt fusion,
  • Kencangkan alat penjepitnya, hingga ujung pipa berada dalam satu sumbu,
  • Ratakan ujung-ujung pipa dengan alat elektrik sampai kedua pipa benar-benar rata,
  • Lalu, pasang plat pemanas diatara ujung-ujung pipa dan panaskan sampai titik senyawa.
  • Sambungkan dan tekan kedua ujung pipa yang sudah dipanaskan sampai tekanan persenyawaan sesuai.

Note : Proses butt fusion disarankan untuk pipa berdiameter 63 mm ke atas

Proses penyambungan pipa HDPE dengan cara electro fusion

  • Pertama, bersihkan ujung-ujung pipa yang akan disambung.
  • Pasang ujung-ujung pipa yang akan disambung dengan electro fitting,
  • Hubungkanlah elektroda yang ada pada electro fusion ke electro fitting, lalu hidupkan.
  • Persenyawaan sambungan sudah terjadi apabila indikator terlihat jelas dan berwarna kuning.

Demikianlah mekanisme penyambungan pipa HDPE yang baik dan sesuai prosedur yang harus anda ketahui sebelum mempergunakan pipa HDPE.

shares